Kelas-kelas SPL Versi IASCA

12 Feb 2019, 15:23:45 WIB By Agung M Hassan In National | View : 238

Kelas-kelas SPL Versi IASCA

IASCA Worldwide mengeluarkan 2 versi regulasi SPL yang diberi nama IdBL atau Iasca dB League dan Bass Boxing. Untuk IdBL sendiri terdapat kategori khusus untuk pendatang baru atau disebut dengan Street IdBL. Pada tahun 2019, IASCA Worldwide telah memperbaharui regulasi-regulasi dari kontes adu kencang tekanan suara ini.

Untuk regulasi lengkap, dapat di download :

http://mediaaudio.id/hal-regulasi.html

atau di

http://iasca.com/downloads/

Sekedar penjelasan singkat dari regulasi-regulasi ini :

1. IdBL atau IASCA dB League
Merupakan format pertandingan Sound Pressure Level (SPL) atau adu kekencangan tekanan decibel suara. Kelas-kelas yang dipertandingkan dibagi melalui mekanisme seperti jumlah luas penampang konus subwoofer, penggunaan jenis kendaraan, modifikasi dikendaraan tersebut dan perangkat yang digunakan.     

Berikut ini gambaran kelas-kelas yang telah disusun dalam Matrix IdBL:


Dari gambar Matrix IdBL diatas dapat dilihat kelas-kelas atau divisi yang dipertandingkan ialah
a. Kelas Trunk/Pickup atau disini dikenal dengan kelas Sedan : dibagi menjadi 3 bagian kelas sesuai klasifikasinya
b. Kelas Hatchback/SUV/Minivan: dan juga dibagi menjadi 3 kelas
c. Advanced : merupakan kategori kelas yang dapat diikuti oleh semua jenis kendaraan dengan pembagian 4 sub kategori yang didalamnya terdapat kelas NW atau No Wall.
d. Ultimate : dianggap sebagai kelas Free For All untuk kategori ini.

Jika dilihat dari pembagian kelas, salah satu pembatasnya ialah dari penggunaan luas konus subwoofer yang telah dibuatkan oleh IASCA berupa diagram seperti dibawah ini :

2. IASCA BASS BOXING
Sama halnya dengan IdBL, IASCA Bass Boxing merupakan adu kencang tekanan suara atau sound pressure. Yang membedakan ialah pengujian tekanan suara dilakukan menggunakan source musik full spectrum, bukan test tone. IASCA menyebutnya sebagai Outside Sound.

Pengertian dari Outside Sound ialah Konsep suara luar dalam kompetisi Bass Boxing agar penonton dapat mendengar dan menikmati musik seperti saat kita mengendarai kendaraan. Kompetisi SPL tradisional biasanya tidak melibatkan penonton, jadi dengan memainkan musik yang bersih dan jernih tetapi kencang sehingga mampu menunjukkannya kekencangan suara Bass pada sistem dengan cara pengukuran.

Gambar Matrix Bass Boxing berikut ini untuk memperjelas karakteristik serta kategori-kategori yang ada :

Pembagian kelas dari Bass Boxing salah satunya dengan mengukur luas penampang subwoofer, seperti yang terdapat pada diagram ini sebagai panduannya:

Pada tahun 2019 ini, IASCA Worldwide maupun IASCA Indonesia akan memberikan suguhan yang attractive dan menarik sehingga selain berkompetisi sebagai kebanggaan dan dilakukan dengan riang gembira.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook