Pentingnya Kabel Pada Hasil Audio Mobil

25 Mei 2021, 11:00:37 WIB By Nabila Daeng In Articles | View : 2809

10calibre1.jpg

Kabel salah satu komponen yang sudah tidak asing dalam kehidupan sehari hari. Saat menyalakan tv, charging hp, menggunakan setrika, semua dihubungkan melalui kabel yang dapat memudahkan manusia agar semua berjalan dengan semestinya. Kabel yang terhubung agar menjadi sistem mobil juga sangat membantu manusia saat mengemudi. Segala kegunaan tersebut, ternyata masih ada yang menganggap remeh atau bahkan tidak mengetahui mengenai pentingnya kabel.

Mobil juga mendapatkan manfaat dari kabel, yang kadang kehadirannya dianggap antara ada dan tiada. Padahal, si kecil satu ini memiliki peran signifikan. Mengapa demikian?

Mulai dari kabel ecu yang menghubungkan sistem mobil, kabel lampu yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga listrik menjadi cahaya, dan kabel audio berfungsi untuk mengalirkan tenaga listrik menjadi suara. Khususnya audio mobil, banyak hal vital yang mempengaruhi kualitas audio mobil yang baik.

Ketika melakukan upgrade audio, kabel perlu diperhatikan mengingat perannya, dalam menghasilkan audio yang baik. Ada beberapa jenis kabel untuk upgrade audio mobil. Yaitu kabel speaker, kabel subwoofer, kabel RCA, dan kabel power.

Tips Memilih Kabel Untuk Audio Mobil

Ketika instalasi speaker, Audiolovers wajib menggunakan kabel speaker yang memiliki kualitas Oxygen Free Copper (OFC). Kabel dengan kualitas OFC adalah kabel tembaga yang mengurangi level oksigen masuk di bawah 0.001%. Hal ini memungkinkan hasil suara menjadi lebih baik untuk nada tinggi dan bass.

Sebaliknya, Kabel Non Oxygen Free Copper (OFC) jika dipasang untuk speaker mobil menyebabkan korosi pada kabel. Korosi yang biasa dikenal dengan sebutan oksidasi inilah, salah satu penyebab storing pada audio. Oksidasi ini kerak yang terjadi di kabel speaker. Biasanya kita mengakali dengan memotong sedikit-sedikit bagian ujungnya, dengan ekspektasi mendapatkan bagian bagus, yang mana ternyata itu hanya angan. Hasilnya yang terjadi adalah kabel habis terpotong dan perlu diganti yang baru. Hindari hal ini, ya Audiolovers!

Selain kabel speaker, kualitas kabel RCA harus diperhatikan. Kabel RCA yang baik harus memiliki pelindung atau shielding, agar tidak terganggu oleh gelombang yang dihasilkan dari mobil, seperti ecu, dan sinyal smartphone. Jika kabel tidak ada pelindung, maka akan terganggu oleh frekuensi yang dihasilkan dari kabel mobil atau storing audio mobil.

Storing imerupakan noise yang masuk ke dalam sistem audio, biasanya berupa suara mesin, terdengar dari sistem audio mengeluarkan suara “ngiing” seperti pesawat terbang dan suara aneh lainnya. Saat mesin kendaraan dijalankan, maka suara tersebut biasanya bertambah kencang. Jika tidak ingin hal ini terjadi, Audiolovers bisa memillih kabel tefflon untuk memilih jenis kabel RCA dengan kualitas kabel terbaik. 

Bahan Kabel

Bahan kabel yang harus dipilih adalah kabel yang memiliki tembaga murni, jika tembaga semakin murni, maka harga kabel semakin mahal. Sehingga dapat menghasilkan suara audio yang baik. Sedangkan kabel ekonomis memiliki tingkat campuran tembaga yang lebih sedikit, sehingga akan mengganggu kualitas audio mobil yang seharusnya. 

Estimasi Kabel untuk Audio Mobil

Untuk mendapatkan kualitas audio mobil yang baik, alangkah baiknya biaya pemasangan audio mobil disiapkan 30% untuk kabel dari keseluruhan biaya modifikasi audio mobil. Selain estimasi, kamu juga wajib menyesuaikan ukuran kabel dengan kebutuhan. 

Perlu diingat juga, dalam audio bukan hanya perangkat saja yang menentukan hasil suara, namun beberapa part lainnya mempunyai andil, salah satunya adalah kabel. Percaya atau tidak namun hasilnya dapat Anda rasakan jika menggunakan kabel yang baik, pasti hasilnya maksimal. Begitupun dengan sebaliknya. 

Semoga bermanfaat, ya Audiolovers!



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook