Dashcam Tetap Rekam Meski Mesin Mobil Mati, Emang Bisa?

12 Jun 2024, 16:24:07 WIB By Amindi Septry In National | View : 563

43Dashcam Tetap Rekam Meski Mesin Mobil Mati Emang Bisa.jpg

Audiolovers pasti pernah dengar tentang dashcam, kan? Nah, dashcam adalah kamera khusus yang dipasang di mobil untuk merekam apa saja yang terjadi di sekitar mobilmu. Mulai dari jalan raya yang ramai sampai kejadian-kejadian lainnya, dashcam merekam semuanya secara langsung.

Eksistensi dashcam semakin menjadi sorotan karena potensinya sebagai alat bukti. Di mana, video rekaman dari dashcam bisa menjadi pelengkap penting dalam menegakkan keadilan, terutama dalam kasus-kasus perampokan atau kecelakaan.

Nggak heran, kalau beberapa pabrikan mobil kini, menyematkan dashcam bawaan pada kendaraan produksi mereka. Fitur ini menjadi nilai tambah yang memikat bagi konsumen yang peduli akan keamanan.

                                 

 

Apakah dashcam tetap merekam saat mobil dimatikan?

Dikutip dari cnn.indonesia.com, jawabannya bisa iya atau tidak. Ada jenis dashcam yang akan mati bersamaan dengan mesin mobil, karena harus terhubung dengan stop kontak atau port OBD2 .

Nggak perlu khawatir, karena tidak semua dashcam seperti itu. Dilansir dari Vantrue, ada beberapa dashcam pintar yang sudah dibekali dengan fitur “mode parkir”. Fitur ini memungkinkan dashcam untuk tetap merekam sekalipun mesin mobil dimatikan.

Biasanya, dashcam dengan mode parkir ini mendapat pasokan daya langsung dari aki mobil sehingga menambah beban daya listrik pada kendaraan. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan fitur ini dapat memperpendek umur aki mobil.


                                 

 

Sebelum Audiolovers memutuskan untuk memasang dashcam, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Pilihlah jenis dashcam yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada yang hanya memiliki satu lensa dan ada pula yang memiliki dua lensa untuk merekam depan dan belakang mobil secara bersamaan. Pastinya, dengan harga yang agak mahal dibanding dashcam satu lensa.

2. Pastikan mobil kamu dapat menyuplai daya yang cukup besar untuk dashcam “mode parkir”. Hal Ini untuk menghindari gangguan pada sistem listrik di dalam mobil.

3. Pilihlah lokasi pemasangan dashcam yang strategis sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi dan dapat merekam dengan jelas.

4. Untuk memastikan instalasi dashcam berjalan lancar dan aman, sebaiknya serahkan pada ahli yang berpengalaman. Hal ini, untuk mencegah risiko terjadinya korsleting listrik.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook