Demo Car dari Cello Audio: Tuningan All Seat Listening Position Karya Natan Budiono

16 Des 2023, 14:42:07 WIB By Amindi Septry In National | View : 1474

63Cello Meet Up Jakarta 2023_MAI.jpg

Media Audio berkesempatan untuk mereview langsung mobil demo yang telah disetting All Seat atau Dual Seat Listening Position oleh Natan Budiono, pada Cello Meet Up Jakarta 2023 di Resto Hours Coffee BBQ Event Space, Kelapa Gading pada Jumat, 24 November 2023. 

Bagi yang tidak terlalu mendalami dunia audio mobil, nama Natan Budiono mungkin terdengar cukup asing. Siapa sangka? Beliau merupakan Juara Dunia Audio Mobil sekaligus Creator dari Microphone Array M-4NB, yang memiliki 27 Titles World Car Audio Championship. Tak hanya meraih kejuaraan kompetisi baik di kelas single maupun dual seat listening position saja, tetapi juga menjabat sebagai Distinguished Engineer Acoustics di Harman International.

                         

Cello Meet Up Jakarta 2023, ingin memperkenalkan All Seat atau Dual Seat Listening Position melalui dua mobil demo yaitu Ertiga dan Toyota Innova Zenix, yang sudah dituning menggunakan Cello Magic 8.8NB. Produk ini merupakan hasil kolaborasi antara Cello dan Natan Budiono. Dilengkapi dengan ambient light dan suasana audio di mobil premium.

All Seat atau Dual Seat Listening Position, mempunyai dua posisi mendengar yang optimal di posisi kanan dan kiri. Maka, baik dari pengemudi atau penumpang tetap mendapat pengaruh suara yang sama.

                         
 
Sistem Audio Mobil Ertiga
 
Sistem audio yang dipasang pada mobil Ertiga ini menggunakan sistem 3-Way yang dirancang dengan pilar khusus. Untuk midbass depannya, ditempatkan dalam sebuah box yang telah disesuaikan. Tidak hanya itu, terdapat juga center speaker yang bukan hanya full range, tetapi juga dilengkapi dengan tweeter.

                         

Sementara untuk player, Sony Hi-Res menjadi pilihan utama yang digunakan di mobil Ertiga ini. Dipadukan dengan Magic 8.8NB, yang dilengkapi tombol switch khusus. Di mana dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur mode audio 4.1, 5, dan 5.1.

“Jadi dia punya fitur untuk di switch. Untuk 4.1 dan 5.1 nya itu dihidupin dan dimatiin. Misalkan duduk di sebelah kanan, centernya mati. Dipencet lagi centernya hidup, tapi di posisi sebelah kanan. Kemudian, yang satu lagi dihidupin All, centernya mati. Giliran pas dipencet lagi tadi, 5.1nya hidup all semuanya kedengeran,” ujar Cavic saat mereview untuk channel Youtube Media Audio.

                         

Sistem Audio Mobil Toyota Innova Zenix

Toyota Innova Zenic ini menggunakan dua Magic 8.8NB untuk front dan rear. Meskipun tetap mempertahankan tampilan asli (OEM), mobil ini dilengkapi dengan dua front tweeter dan yang satu untuk subwoofer monoblock.

Berbeda dengan Ertiga, mobil ini menggunakan head unit original. Untuk Magic 8.8NB dilengkapi dengan dua tombol switch untuk depan dan belakang. Sedangkan, mobil Ertiga hanya dilengkapi tombol switch untuk bagian depan kiri dan kanan.

                         

Belum selesai sampai di situ, ternyata di belakang mobil Toyota Innova Zenic ini dilengkapi back speaker. “Cello bersama Natan Budiono ingin menyamakan visinya untuk membuka pasar baru dengan segmentasi untuk mobil keluarga,” tutup Cavic.



Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook