7 Keajaiban Perangkat Audio dan Ciri Khasnya Masing-Masing

30 Sep 2022, 14:53:20 WIB By Nabila Daeng In National | View : 289

57headphone 1 jpeg.jpg

1. Portable Audio atau Personal Audio.

Biasanya berbentuk earbuds, earphone, headphone, dan in ear monitor. Tujuannya untuk personal listening dan sangat fleksibel penggunaannya karena bisa dipakai di rumah, di jalan atau di kantor. Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level, dan high end level. Harganya dikisaran puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan, sampai ratusan juta. Karena bersifat personal listening, dia sangat dipengaruhi oleh kualitas penempatan tranducers (sensor) suara pada telinga. Salah sedikit suaranya tidak akan optimal. Tapi keunggulannya dia tidak dipengaruhi oleh akustik ruangan karena transducernya langsung nempel di kuping.

       

2. Car Audio atau Mobile Audio.

Biasanya berupa perangkat audio standard bawaan mobil dan aftermarket atau campuran diantaranya. Jenis perangkatnya dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya untuk system lengkap biasanya mulai dari jutaan sampai miliaran. Karena perangkatnya bervariasi dan akustik ruangan mobil serta kelistrikan bervariasi maka di car audio ini bersama dengan Pro Audio dikenal sebagai perangkat audio yang paling sulit disetting dibandingkan dengan jenis perangkat audio lainnya.

        

3. Home Audio atau Domestic Audio. Biasanya berupa perangkat untuk ruang kecil (wireless speaker, mini compo, bookshelf loudspeaker dll) dan perangkat untuk ruang besar (floorstand, tower Loudspeaker dan big amplifiers) Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya dari jutaaan, puluhan juta, miliaran sampai puluhan miliar. Home audio sangat dipengaruhi oleh akustik ruangan, kualitas kelistrikan, mix and match perangkat dan tentu saja pengertian istri masing2.

        

4. Home Theater atau Theater Sound.

Biasanya berupa perangkat simple (Soundbar, 2.1 sampai 5.1) dan perangkat serius 7.1.4, 9.2,4, 11.2.4 dst. Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya mulai dari jutaan sampai ratusan juta bahkan miliaran. Home theater yang bagus biasanya meliputi ruangan yang ditata dengan baik dan dilengkapi TV atau Screen Projector layar lebar serta powerful processor yang capable untuk format Dolby Atmos, DTS X, Auro 3D yang mampu menghasilkan bisikan suara kuntilanak sampai getaran ala gempa bumi di rumah anda.

        

5. Multimedia Audio.

Biasanya dihubungkan ke komputer dan soundcard baik bawaan ataupun aftermarket. Konfigurasinya seringkali 2.0, 2.1 dan beberapa malah bersaing dengan system home theater, baik dari sisi kualitas maupun kerumitan perangkatnya. Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya biasanya jutaan sampai belasan dan puluhan juta. Kualitas soundcard dan loudspeaker berpengaruh besar terhadap suara yang dihasilkan.

6. Pro Audio Indoor

(Studio Recording, Public address Sound System atau sound system untuk rumah ibadah dll). Biasanya ditujukan lebih ke arah kejernihan dan clarity suara daripada intensitas suara.Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya ada yang jutaan, belasan, puluhan juta sampai ratusan juta bahkan miliaran.

7. Pro Audio Outdoor

Multiple speakers/amplifiers berdaya ribuan watts biasanya dipergunakan untuk konser dan hajatan. Jenis perangkat dan harganya meliputi kelas entry level, medium level dan highend level. Harganya mulai dari jutaan, puluhan juta, ratusan juta sampai puluhan bahkan ratusan miliar. Pada beberapa system suara terdengar sangat powerful dan kencangnya merata sampai beberapa kilometer!

 

Terima kasih

Asawendo

Rumah Audio Indonesia



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook