RAI-HIN CAR AUDIO CONTEST: Kontes Audio Mobil Dinilai dengan Regulasi Paling Transparan

30 Agu 2022, 11:16:57 WIB By Nabila Daeng In National | View : 667

59MediaAudio_RAI_Teraskota-06.jpg

Kontes audio mobil kini semakin menjamur seiring dengan karya luar biasa dari para peramu audio mobil. Hal ini bisa kita saksikan di Teras Kota, 27-28 Agustus 2022, RAI-HIN Car Audio Contest melibatkan 36 peserta yang turun kontes memamerkan racikan audio terbaiknya. Rumah Audio Indonesia (RAI) seperti kita tahu, merupakan wadah diskusi Home Audio, keterlibatannya dalam membangun industri kontes audio mobil, tentu menarik perhatian.

Sang punggawa RAI, yaitu Asawendo Swissrianto, mengungkap alasannya membuat kontes audio mobil seperti asosiasi lainnya. Ia menyebut ingin mendukung industri car audio yang mana ketika pandemi mengalami impact luar biasa. “Dengan adanya kontes ini, kita jadi bisa lebih menyemarakkan industri car audio ini, karena ada kontes yang berbeda, tapi bisa menjadi satu-kesatuan dengan asosiasi yang sudah ada. Jadi sifatnya kita complimentary,” jelas Om Wendo, sapaan akrabnya.

        

Meskipun terbilang baru di dunia kontes audio mobil, nampaknya RAI ingin memberikan pembaharu dan pembeda dari asosiasi lainnya. Mulai sistem teknikal track, CD kontes, dibuat sendiri oleh timnya. Tetap menitikberatkan pada keseimbangan, seperti sound stage, imaging, tonal balance: tonal quality dan tonal quantity. “Kami ingin mencoba penilaian yang lebih komperhensif, sehingga bukan masalah urutan juara 1 dan 3. Tapi bagaimana suara mobilnya itu bisa terlihat SQ. Harapan kami, suaranya semakin improve dan bagus, karena punya catatan, yang sengaja kita detailkan. Jadi bisa tahu lebih dan kurangnya di mana,” imbuhnya.

        

Kontes audio mobil RAI-HIN menjadi pelengkap dari kontes lain yang sudah established. Sistem penilaian scrut pada kontes kali ini menjadi pembeda dan baru sangat perlu diapresiasi pada kontes ini. Sistem scrutineering ini menyaring kembali juara 1,2, dan 3 dengan melakukan cek budget masing-masing juara agar tidak melebihi sesuai kelas yang diikuti. “Ini menarik ya, karena biasanya di event lain orang bisa colong budget kompetisi, tapi di sini lu gak bisa melakukan hal itu, karena bener-bener 1,2, dan 3 nya langsung di scrut oleh panitia. Kalau di asosiasi lain kan sistemnya trust aja ya dengan peserta lain,” terang Steven, installer AJM Audioworks yang juga menjadi peserta sekaligus champion di kelas Novice RAI-HIN Car Audio Contest.

        

Berikut para pemenang RAI-HIN Car Audio Contest:

Kelas Novice Budget 35K:

Juara 1 Anton - 928

Juara 2 Luri - 927

Juara 3 Rizky Akbar - 926

 

Kelas Amateur Budget 70K

Juara 1 EDDYANTO LOK - 936

Juara 2 NUR ALAM - 930

Juara 3 GLORIUS EZRA - 923

 

Kelas Expert Budget 200K

Juara 1 Pengepul Mobil - 951

Juara 2 Eddyanto Lok - 950

Juara 3 Vioki - 947

 

Kelas Master Budget 500K

Juara 1 Erwan Wicaksono - 958

Juara 2 Dewaruci - 956

Juara 3 Vioki - 952

 

Free for All

Juara 1 Ricky PI - 976

Juara 2 Ronald Safar - 972

Juara 3 Vioki - 963

 

Best Team

ANAK BAWANG

 

Best Personal

Vioki VBD



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook