Fakta dan Mitos Subwoofer Mobil

04 Nov 2021, 14:32:51 WIB By Nabila Daeng In Subwoofer | View : 2556

81Fakta Sub-01.jpg

Sebelum kita bahas lebih dalam seputar Subwoofer, mari ulas sedikit tentang pengertian Subwoofer. Ada beberapa dari Audiolovers yang mungkin masih belum tau, jika subwoofer dan speaker adalah dua hal yang berbeda. Jika dilihat dari bentuk, desain subwoofer dan speaker yang terpasang pada mobil memiliki desain yang mirip.

Mengutiap dari Wuling.id, speaker menjadi media yang dipakai untuk memproduksi dari daya listrik. Sedangkan subwoofer adalah suatu sistem speaker bass yang bisa menghasilkan frekuensi nada lebih rendah. Fungsi utama dari subwoofer adalah untuk memproduksi suara dari 10 hz sampai 200 hz.

Suara yang lengkap akan memiliki musikalitas yang bagus dan musikalitas yang bagus biasanya memiliki cakupan rentan frekuensi sekitar 20 hz – 29 khz. Subwoofer akan menangkap dan menghasilkan nada rendah dan hasil suara yang dikeluakan akan lebih lembut.

Eksistensi dari subwoofer kini menjadi semakin digemari. Beberapa produsen kenamaan terus berinovasi menciptakan subwoofer dengan teknologi masa kini. Di balik itu semua, masih saja ada beberapa dari pecinta audio yang mungkin masih salah kaprah tentang subwoofer. Apa saja ya misalnya?

“Subwoofer perlu dipecah selama beberapa minggu sebelum terdengar bagus.”

Padahal, pernyataan ini tidak memiliki dasar apapun. Faktanya, jika subwoofer Audiolovers masih terdengar buruk setelah digunakan selama beberapa hari, berarti ada yang salah dengan desain atau penyetelan sistem audio Audiolovers.

“Lebih banyak speaker berarti kualitas suara sebih baik.”

Padahal, lebih banyak speaker hanya akan meningkatkan volume suara di dalam mobil Audiolovers. Speaker tambahan saja belum tentu meningkatkan kualitas suara. Bahkan lebih banyak speaker dapat menyebabkan masalah interaksi ketika gelombang suara antar speaker bertemu.

Lalu apa yang terjadi?

Sistem audio kamu dapat mengalami puncak dan penurunan suara. Inilah sebabnya mengapa banyak pakar audio mobil mengatakan, bahwa sedikit lebih baik dalam hal menciptakan kualitas suara yang luar biasa. Jadi, alih-alih menambahkan lebih banyak speaker untuk meningkatkan kualitas suara, lebih baik tambahkan subwoofer saja.

Media Audio akan mengulas lebih jauh rekomendasi subwoofer di bawah 3 juta untuk kamu.

Tunggu update dari kami, ya!

 

Youtube: Media Audio

Website: mediaaudio.id

Instagram: @mediaaudio.id

Facebook: Media Audio Indonesia



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook