Pentingnya Fuse untuk Audio Mobil
Masih Perlu Nggak Sih?

12 Okt 2021, 16:19:42 WIB By Nabila Daeng In Articles | View : 1349

98FUSE.jpg

Kalau teman-teman ingin melakukan pemasangan beberapa perangkat audio mobil, seperti amplifier, crossover kalau masih ada yang pakai, amplifier, processor atau DSP, Speaker, lampu, kipas pendingin atau aksesoris lainnya. Semua perangkat tersebut, memerlukan banyak kabel, yang mana kerapihan dan pemasangan Grounding yang benar harus diperhatikan. 

Ketika perangkat yang kita pasang membutuhkan daya yang cukup besar, risiko terjadinya kerusakan atau korsleting kemungkinan besar terjadi. Gak mau dong, kejadian tersebut menimpa mobil kesayangan Audiolovers?

Maka dari itu, kita harus tetap menjaga kerapihan kabel dan keamanannya. Apa yang kita butuhkan? Fuseblock dari STINGER. Prinsip kerja fuse adalah membatasi jumlah arus listrik yang mengalir di dalam mobil. Fungsi pemasangan FUSE BLOCK memudahkan Audiolovers untuk menemukan di mana letak kerusakan atau fuse yang putus. Selain itu, fuse juga sebagai pengaman komponen elektronik lainnya yang sama-sama berada di dalam satu rangkaian listrik. Mobil Audiolovers akan terhindar dari masalah kerusakan di bagian kelistrikan, termasuk terbakar. Kesimpulannya, fuse atau sekering bisa melindungi peralatan listrik yang ada dalam mesin mobil.

 

Nantinya, fuse akan mengecek aliran arus listrik yang ada di dalam sistem mobil, apakah sudah pas atau malah terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi, maka arus listrik akan diputus dengan cara meleburkan kawat halus pelebur yang terdapat di dalam fuse. 

Itulah mengapa kita harus menggunakan Fuse pada rangkaian kabel kita. 

Media Audio telah menguji fuse dari STINGER, Brand Amerika ini tidak hanya mengeluarkan fuse, tapi berbagai aksesoris audio mobil seperti RCA, Aki mobil, Kepala aki, dan kabel. 

Satu tips untuk audio lovers, jika memasang fuse pada aki mobil, pastikan panjang kabel ke fuse tidak kurang dari 15 cm dari kepala aki, untuk mencegah terjadinya short merembet ke komponen, dan lagi regulasi pada asosiasi kompetisi audio mobil, yang mengharuskan para kontestannya mengikuti regulasi ini.

Pemasangan fuse power wire tidak boleh menyentuh ground atau body mobil anda, agar tidak terjadi konsleting.Dan perlu diingat jika audiolovers ingin menghubungkan kabel ke fuse, harap berhati-hati agar tidak ada serabut tembaga dari kabel ada yang keluar2 seperti ini. 

Penasaran gimana sosok dari Fuse ini?

Saksikan ulasan lengkapnya di Youtube Media Audio.



Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook