Audio Mobil Range Rover Budget 1 Miliar di Tangan Handal BestBuddyShop

27 Mei 2022, 09:24:18 WIB By Nabila Daeng In Articles | View : 862

46Cover 1.jpg

Memiliki audio mobil standar keluaran pabrik rasanya masih ada saja kurangnya. Beberapa di antara kita pasti mengandalkan installer kepercayaan untuk meningkatkan kualitas audio mobil. Bahkan dengan budget miliaran pun rela dihabiskan untuk memenuhi hasrat telinga para audiophile. 

Seperti pada sistem kali ini, Media Audio mendapat kesempatan mereview mobil Range Rover milik konsumen BestBuddyShop. Sang installer, Susanto, atau biasa disapa Ko Afung ini mengadopsi perangkat audio mobil eye catching, dengan keseluruhan komponen high end pada Range Rover. Bagaimana kosmetik dari audio di mobil Range Rover dengan budget 1 Miliar ini? 

     

Speechless! Itulah penggambaran dari tim Media Audio saat Ko Afung membuka bagasi, memperlihatkan mahakarya nya. Dari sekilas aja, kita sudah bisa melihat betapa kreatifnya Ko Afung merombak bagasi sang pemilik.

Pengerjaan sistem audio mobil pada Range Rover yang sudah tiga kali dilakukan upgrade ini, memakan waktu hingga delapan bulan. “Dengan kata lain, gak setiap hari dikerjakan. Karena kan kita banyak kerjaan lain juga ya,” ujar Ko Afung. 

Konsep yang dipakai untuk reproduksi suara diterapkan sistem four way + super tweeter. Empat power amplifier yang masing-masing terdiri dari:  Tiga buah Audison Thesis TH Quattro (empat channel) dan satu buah Audison Thesis TH due (dua channel). Untuk mendrive tweeter, midrange, midbass, super tweeter,  dan channel depan kiri. Sisanya itu, untuk mendrive speaker belakang. “Depan belakang itu masing-masing four way dan three way,” lanjut Ko Afung. Ada satu power tambahan untuk high res. Tweeter ada di balik processor dan penambahan speaker rear center. 

Guna menghemat ruang pada bagasi Range Rover kali ini, bagasi belakang dimanfaatkan oleh seluruh komponen utama, mulai dari processor, amplifier, subwoofer, hingga fuse block. Untuk memanfaatkan ruang tepat guna, Ko Afung mengcustom sendiri ukuran kepala fuse sesuai space yang ada.

Head unit pada Range Rover ini sudah tidak bisa digunakan, maka Ko Afung memanfaatkan player Sony High Res. Sepertinya sang pemilik memiliki selera sangat tinggi untuk urusan audio. Hal ini bisa dibuktikan dengan penambahan Digital Audio Player (DAP) di perangkat ini. 

 

Sistem ini dimotori oleh dua buah mesin processor Audison. Loh kok dua? Ya, ini bagian paling menarik, bahkan menjadi satu-satunya di Indonesia. Ko Afung menjelaskan, bahwa dalam perangkat speaker di mobil ini ada 18 channel aktif. “Tidak ada processor di pasaran, yang memiliki channel sebanyak itu,” lanjutnya. “Itu lah kenapa kita pakai dua,” sambungnya.

Di bagasi belakang, ada hal menarik yang bisa kita temukan. Subwoofer 10 inch Utopia dilapisi acrilic. Apakah ada perbedaan hasil suara, jika subwoofer pakai MDF dengan yang pakai Acrilic? Ko Afung menyebut secara overall tidak, karena satu bagian saja yang menggunakan acrilic. “Perbedaan ya dari look nya aja sih. Kalau soal Rigid, karena ini 15 mm yang kita gunakan, ini lebih rigid dari MDF. Karena intensitasnya lebih keras. Kalau soal bocor, itu gimana installer aja,” jelas Ko Afung. “Tapi yang berpengaruh sama hasil suara yang signifikan adalah Volume, Set box,” lanjutnya.

Hasil setting BestBuddyShop, Media Audio menyimpulkan bahwa standar mesin mobil memang agak ramai. Tapi saat salah satu tim kami masuk ke dalam kabin, suaranya memang agak ke dalam. Perangkat dalam cabin: Tweeter Focal Ultima (135 juta), midrange (26 jutaan), midbass Focal (51 juta) , dan super tweeter mini 8.

Konsepnya terlihat simple, namun prosesnya memang tidak semudah itu. Untuk menciptakan audio high end dengan penampilan bagasi yang menggoda, butuh kerja ekstra bagi Ko Afung. “Mabok dan susah banget,” pukas Ko Afung. Saat di switch ke player Sony, yang kami memang tidak ada perbedaan signifikan. Mungkin karena kuping salah satu tim kami tidak terbiasa. “Tapi enak banget aseli,” ujar pembawa acara Media Audio, atau biasa disapa Cavic. 

Soal detail dan jernih, memang kami jagokan yang DAP. Kualitas perangkat DAP memang sudah beda dan diciptakan terbaik dari asalnya, bukan karena pemasangannya/settingannya. Tapi kalau soal ubah audio jadi berkelas dan bertenaga, Audiolovers bisa hubungi Best Buddy Shop. Tidak perlu insecure soal biaya. Karena berapapun budget audio mobil kamu pasti akan dilayani dengan maksimal.

Mobil yang paling murah di BestBuddyShop adalah dengan budget 1 juta. “Mobil Brio kita ada paket upgrade tweeter aja. Plug and play di posisi originalnya. Jadi cover segitiga spionnya itu kita ganti dengan yang ada tweeter. Memang sudah di reset oleh Brio. Pemasangan 15 menit,” jelas Ko Afung. Jadi tidak perlu khawatir, kalau kamu mau upgrade audio mobil. Karena ada salah satu mobil Brio, yang berhasil menjadi champion dengan budget 100 juta. Kamu bisa tunggu videonya di Youtubenya Media Audio. 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook