Jangan Remehkan! Kenali Peran Penting Oli Mesin Agar Audio Mobil Tetap Prima
Jaga Kualitas Oli, Jaga Kualitas Audio

28 Mei 2024, 16:29:46 WIB By Amindi Septry In National | View : 566

66Peran Penting Oli Mesin Agar Audio Mobil Tetap Prima.jpg

Audiolovers, tentu kamu ingin mobil kesayanganmu tetap prima, bukan? Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah perawatan oli mesin yang tepat. Jika disepelekan, akan berdampak pada masalah mesin sehingga dapat mempengaruhi daya tahan komponen audio mobil.

Pentingnya Perawatan Oli Mesin

Oli atau pelumas memiliki peran krusial dalam menjaga kualitas mesin mobil. Selain melindungi dari gesekan, oli juga mencegah keausan dan menjaga daya tahan komponen audio mobil.

Degradasi Oli Akibat Faktor Eksternal

Sayangnya, kualitas oli dapat terdegradasi seiring waktu dan penggunaan. Paparan panas yang berkelanjutan, kontaminasi partikel logam, atau bahkan masuknya kotoran dan air dapat menyebabkan penurunan kualitas oli. Hal ini dapat mengurangi efisiensi pendinginan mesin, memicu korosi, dan tidak mampu memberikan pelumasan yang maksimal.

                                     

Namun, apakah benar oli mesin bisa "basi" jika lama tidak digunakan dan akan berdampak pada komponen audio mobil?

Apakah Oli Mesin Bisa Basi?

Menurut Iwan, Pemilik Motor Honda Auto Clinic yang dikutip dari Kompas.com, oli mesin yang masih baru dan disegel dalam waktu lama tidak akan "basi".

“Oli mesin dalam kemasan, selama mesin disegel dan disimpan dengan baik, tidak kena sinar matahari langsung. Oli baru tersebut tidak akan basi. Tetapi oli yang sudah masuk ke ruang mesin ada batas waktu pemakaian, selain dari jarak tempuh,” ujar Iwan.

Dampak Pada Komponen Audio Mobil

Nggak cuma mesin yang terkena dampaknya, komponen audio mobil kamu juga ikut berpengaruh, loh. Pemilihan oli yang sesuai dengan spesifikasi sistem audio bisa membuat komponen-komponen audio tetap terlumasi dengan baik, mengurangi gesekan, dan terhindar dari kerusakan akibat panas.

                                     

Jadi Audiolovers, jangan anggap remeh soal perawatan oli mesin, ya. Dengan oli yang tepat dan perawatan yang benar, kamu bisa pastikan mobil dan audio mobil kesayanganmu tetap berfungsi dengan baik dan mengeluarkan suara yang optimal. Nggak ada salahnya kan, kasih yang terbaik buat mobil kesayanganmu.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook